Bambu, Tumbuhan yang Memiliki Tekad Baja

Unknown 7:12:00 PM
Bambu, Tumbuhan yang Memiliki Tekad Baja. Belajar dari Bambu. -- Sejak dahulu tumbuhan yang bernama bambu memang sangat digemari, bambu memiliki beberapa kelebihan dan keuntungan. Bambu memang dikenal dengan tumbuhan yang kuat, batangnya banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan bangunan, dan bambu muda (rebung)  juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan.
 
Bambu yang siap digunakan

Saat melihat bambu, hal yang kerap ada di lintasan pikiran adalah berhubungan dengan membuat sesuatu bangunan, tapi tahukah anda, bahwa dalam masa tanam bambu juga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Bambu membutuhkan waktu sekitar enam sampai tujuh tahun untuk bisa menjadi kokoh. Dalam amsa tahun tahun pertama bambu tidak tumbuh ke atas, seakan – akan bambu tidak tumbuh sama sekali. Tapi tahukah anda, pada tahun tahun pertama bambu lebih banyak tumbuh ke bawah.


Pertumbuhan bambu lebih banyak pada akarnya, sehingga akar bambu menancap kuat pada tahap awal pertumbuhan, sedangkan batang bambu sedikit tumbuh ke atas. Namun pada tahun ke 4 dan ke 5, setelah akar bambu menancap kuat di tanah, maka batang bambu akan tumbuh ke atas dengan cepat, dalam satu tahun, batang bambu bisa tumbuh mencapai dua hingga tiga meter.

Oleh karena itu, patutlah kita belajar pada bambu, awal awal dalam melakukan suatu hal, kita tancapkan terlebih dahulu keyakinan dan semangat pada diri kita, sehingga kita dapat menapaki dan menjalani suatu hal tersebut. Walaupun ada rintangan dan tantangan serta halangan kita dapat melewatinya karena sudah memiliki keyakinan, semangat dan tekad baja.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »