Ayam Kampung Masih Menjadi Sahabat Setia Masyarakat Pedesaan

Unknown 10:43:00 AM
.Memanfaatkan segala sesuatu yang disediakan oleh alam adalah ciri khas masyarakat yang hidup di pedesaan. Kegiatan dan mata pencaharian yang dilakukan tidak akan jauh dari bertani dan berternak. Dalam bertani, masyarakat desa selalu mengedapankan jenis tanaman yang sifatnya pokok seperti tanaman padi dan jagung.
Ayam, Menjadi Kebutuhan Masyarakat

Sedangkan dalam berternak, beberapa hewan ternak yang menjadi prioritas utama untuk diternakkan adalah sapi, kambing, dan ayam. Proses berternak masyarakat pedesaan tentu tidak bisa disamakan dengan peternakan-peternakan besar seperti yang  ada di texas ataupun new zeland.

Peternakan yang dilakukan masyarakat pedesaan khususnya di Indonesia masih berternak dengan cara tradisional. Salah satu contoh yang bisa dilihat adalah dalam berternak ayam kampung. Warga pedesaan yang berternak binatang dengan kategori jenis unggas ini masih setia dengan cara lama, yaitu dengan membiarkan ayam-ayamnya lepas dan mencari makan sendiri di sekitar lingkungan desa.

Jenis ayam yang dipilih juga bukan ayam negri maupun ayam pedaging, melainkan ayam kampung. Cara berternak warga desa dengan cara melepas ayam-ayamnya untuk mencari makan sendiri ini tentu dilakukan untuk membnerikan kebebasan kepada para ayamnya untuk mencari dan memilih jenis makanannya sendiri di alam bebas.

Namun demikian, beternak dengan cara ini bisa dibilang tidak akan berhasil jika seorang yang berternak memang berencana menggantungkan hidupnya dari hasil ternaknya. Hal tersebut dikarenakan metode berternak ayam dengan cara dilepas tersebut memiliki banyak resiko terhadap nasip si ayam.


Diantaranya adalah ayam yang dapat mati sia-sia karena tertabrak kendaraan umum seperti motor atau mobil. Atau bisa juga ayam tersebut hilang ataupun dimakan oleh jenis binatang pemangsa seperti garangan dan blacan. Walaupun demikian, ayam kampung masih menjadi sahabat setia warga masyarakat pedesaan. Bisa dilihat dari masih banyaknya ayam kampung yang hidup dan berkeliaran di desa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »