Tidak Hanya Sebatas Kendaraan, Sepeda Motor Juga Sebagai Kaki Ke-3 Manusia.

Unknown 10:52:00 AM
Tidak hanya sebagai alat transportasi, Sepeda Motor Juga Sebagai Kaki Ke-3 Manusia. - Di era modernisasi memang segala kegiatan dituntut untuk dikerjakan serba cepat. Tidak terkecuali, kecepatan juga dituntut pada setiap gerakan dan juga perpindahan seseorang dari satu tempat ke tempat yang lain.
 
Sepeda Motor, Kaki Ke-3 Manusia
Tuntutan akan mobilitas yang cepat tersebut yang kemudian menyebabkan beberapa kalangan bahkan mayoritas orang di negara berkembang enggan untuk melakukan perjalanan dengan berjalan kaki, walaupun jarak yang ditempuhnya tidak terlalu jauh. 

Kebiasaan ini kemudian menjadi kecenderungan orang untuk mengandalkan sebuah kendaraan yang bisa digunakan di jalan yang umumnya berukuran sempit sekalipun. Sepeda motor, kendaraan roda dua ini ternyata memiliki peranan yang luar biasa besar bagi mayoritas masyarakat di negara berkembang. 

Di Indonesia sendiri, bisa dilihat secara gamblang di setiap jalan, kecuali tol, pasti dilalui kendaraan tersebut. si pengendara pun tidak memikirkan jarak  yang ditempuh, maupun tingkat kebutuhan terhadap kendaraan tersebut. yang pasti, kemana kaki melangkah, di situ roda akan berputar. 


Maksudnya adalah jika kaki manusia dulu digunakan untuk berjalan menuju suatu tempat tujuan, kini kaki hanya berfungsi sebagai pengatur rem dan gigi persneling saja. Tanpa perduli jarak yang ditempuh jauh maupun dekat. 

Jika manusia pada dasarnya memiliki 2 kaki, maka kini sepeda motor telah menjadi kaki ketiganya. Jika saja 2 kaki manusia ini bisa digunakan sebagaimana fungsi awalnya diciptakan, tentu rantai masalah yang beruntut seperti kecelakaan, kemacetan, polusi udara, dan suara bising akan dapat berkurang.

Oleh : Ibrahim Alkatiri

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »