Saluran Air Dipandang Multifungsi Bagi Sebagian Masyarakat

2:51:00 PM
Saluran Air Dipandang Multifungsi Bagi Sebagian Masyarakat. - Bukan hanya  untuk menyalurkan air dari hulu ke hilir ataupun menyalurkan air dari sisa-sisa air bekas cucian dan air bekas mandi yang biasa disebut air comberan. Akan tetapi sebagian masyarakat memanfaatkan momen ini sebagai tempat pembuangan sampah, sisa makanan yang terbuang sia-sia, dan berbagai kemasan jajan instant yang dibuang tidak pada tempatnya.

Kondisi saluran air yang dipenuhi berbagai jenis sampah
Tempat yang gelap dengan selokan  terpencil menjadi alasan masyarakat untuk membuang sampah disana  Bau yang menyengat tentunya mengarungi saluran air tersebut. Bukan hanya bau, serangga-serangga pemakan jasad renik dari sampah atau yang disebut lalat menjadi tempat favorit mereka untuk menjadikan asupan nutrisi baginya. Serta, tanpa terkecuali nyamuk yang berada disekitar saluran air tersebut memultifungsikan sebagai proses perkembangbiakan dan tempat mencari makan bagi nyamuk jantan.
Potret sampah yang berada pada saluran air
Banyak orang pintar akan tetapi tidak dipakai dalam praktek kehidupanya. Semua masyarakat pasti tau dampak dari membuang sampah sembarangan. Apalagi, membuang sampah pada saluran air. Tentunya akan menyumbat fungsi utama dari saluran air tersebut yakni untuk menyalurkan air pada tempatnya. Jika sampah yang dibuang secara terus menerus diselokan akan mengakibatkan banjir, bahkan penyakit akan sering menyerang pada masyarakat sekitar akibat dari kawasan yang kumuh ditambah dengan banyaknya sampah yang tidak berada pada tempatnya. Bukan salah pemerintah jika kesadaran diri pada masyarakat tidak terwujud untuk saling menjaga lingkungan, dengan tmenjadikan saluran air sebagai sarana multifungsi untuk pembuangan sampah. Kesadaran diri sendiri adalah aspek utama dalam menjaga kesehatan lingkungan. Caranya yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan dengan mengutamakan kebersihan dan keindahan pada lingkungan disekitar kita.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
April 29, 2020 at 11:55 AM delete

"Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
minimal depo dan wd cuma 20 ribu
dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

Wa :+855964967353
Line : arena_01
WeChat : arenadomino
Yahoo! : arenadomino"

Reply
avatar