Perahu Menjadi Ujung Tombak Arus Ekonomi Masyarakat Kecil di Kawasan Pesisir

Unknown 5:09:00 PM
Perahu Menjadi Ujung Tombak Arus Ekonomi Masyarakat Kecil di Kawasan Pesisir. -- Dimanapun tempatnya, arus ekonomi yang meliputi mata pencaharian hidup seperti perdagangan dan juga transportasi harus dapat berjaalan dengan lancar. Namun ternyata suatu kondisi tempat akan menentukan mata pencaharian serta pola hidup masyarakatnya.

Perahu, Transportasi Penggerak Roda Ekonomi
Pola hidup tersebut terbentuk karena adanya kebiasaan sehari-hari yang dilakukan dalam rangka memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan. Bagi masyarakat yang hidup di kawasan pesisir, baik pesisir pantai maupun pesisir sungai, tentu memiliki hambatan yang berbeda jika dibandingkan dengan masyarakat yang hidup di kawasan pegunungan maupun dataran tinggi.
Aktifitas Masyarakat dengan Perahu.
Salah satu penghambat dalam arus ekonomi masyarakat kecil di kawasan pesisir adalah adanya tempat-tempat yang sulit untuk dijangkau, karena terhalang oleh letak yang berada diantara air laut maupun sungai. Kendala semacam ini tentu akan menghambat proses kelancaran jual beli baik barang dan jasa, maupun transportasi dari satu tempat ke tempat yang lainnya.


Satu-satunya jalan untuk menangkal hambatan tersebut adalah dengan memanfaatkan perahu kecil atau sampan. Sampan adalah perahu berukuran kecil yang biasanya digerakkan secara manual menggunakan dayung. Namun kini ada juga beberapa perahu kecil yang sudah menggunakan mesin untuk penggeraknya. Meskipun sampan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, namun rupanya cukup efektif untuk digunakan sebagai media pengangkut barang maupun penumpang untuk melintas di atas air.

Baca Juga : Ban Kendaraan Harus Sering Dicek Karena Memiliki Peran yang Vital

Dengan biaya operasional yang tidak begitu tinggi, maka sampan pun dapat membantu kelancaran proses perdagangan dan transportasi masyarakat kecil yang hidup di kawasan pesisir. Dengan begitu, maka letak kondisi tempat yang saling terpisah oleh air pun tidak akan mampu menghalangi masyarakat kecil untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »