Lembaga Pendidikan Dalam Rangka Menjadikan Siswa Beradab

Unknown 4:41:00 PM
Lembaga Pendidikan Dalam Rangka Menjadikan Siswa Beradab. -- Pendidikan adalah hak setiap manusia, dan setiap manusia harus mengenyam pendidikan. Sekolah merupakan lembaga pendidikan dan pengajaran. Sekolah mempunyai aturan – aturan khusus, tata tertib tertentu yang dibuat untuk tujuan kehidupan, yaitu mengarahkan masyarakat kepada sesuatu yang baik. Sebagian dari tujuannya adalah merealisasikan prinsip umumdan pemikiran mulia, yaitu mendidik tiap anak dengan pendidikan yang sejati sehingga menjadikannya sebagai anggota yang bermanfaat bagi masyarakat.
 
Lembaga Pendidikan (Sekolah)

Peranan sekolah tidak hanya mengembangkan belajar membaca, menulis dan berhitung, akan tetapi berperan untuk mempersiapkan individu terhadap sesuatu yang dibutuhkan masyarakat dimana ia hidup, dan kehidupan sempurna yang harus dierjakan oleh pihak sekolah agar sampai pada tujuan tersebut, serta mengarahkannya pada perbuatan yang baik baginya agar ia berjalan hingga tujuan sampai ia sukses.

Sekolah umumnya dianggap sebagai mikrokosmos dari masyarakat secara keseluruhan. Di sekolah siswa dapat mempelajari berbagai macam problematika dan isu-isu yang dihadapi oleh komunitas secara keseluruhan. Sekolah menjadi laboratorium tempat belajar yang hidup, sebuah upaya model demokrasi.
 
Lembaga Pendidikan Islam (Pesantren)
Sekolah, apabila dianggap sebagai miniatur masyarakat, atau sebagai model demokrasi – seperti anggapan Dewey – maka, hal itu tidak ada alasan atau dalil islami untuk mengingkarinya, sebab islam justru mengajarkan demokrasi karena eksistensi sekolah adalah bagian dari masyarakat.
Lebih dari itu, Islam tidak menganggap bahwa sekolah, sebagai sarana dan fasilitas satu satunya untuk menuntun ilmu. Masjid, sebagai lembaga pendidikan Islam juga merupakan lembaga pendidikan pokok sejak zaman Nabi Muhammad saw dan zaman khulafaurrasyidin. Ketika ilmu-ilmu asing memasuki masyarakat Islam, ia juga memasuki masjid dimana ilmu – ilmu tersebut dipelajari bersama sama dengan ilmu agama.
 

Sekolah menjadi nadi utama jalannya pendidikan. Sebagai lembaga pendidikan, sekolah mempunyai budaya sekolah (school culture) yang harus dipatuhi setiap unsur unsur sekolah. Budaya sekolah adalah sebuah kesepakatan bersama antara guru, siswa, dan orang tua. Perumusan budaya sekolah dilakukan melalui beberpa diskusi dan rapat, sehingga hasilnya bisa dijadikan acuan tata aturan dalam rangka menjadikan manusia yang bermutu dan menjadi insan kamil.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »