Jalan Yang Tergenang Air Sehingga Menyebabkan Banjir Perlu Ditangani

Unknown 4:18:00 PM
Jalan Yang Tergenang Air dan Menyebabkan Banjir, Harus Diperbaiki.  - Air memang sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia, tanpa adanya air, manusia akan binasa dan mati. Tidak hanya manusia, namun semua makhluk hidup membutuhkan air. Bahkan tubuh manusia pun 80% mengandung air. Jadi memang tidak salah jika saklah satu filosof yunani menyatakan bahwa alam semsesta ini berasal dari air.

Banjir di Jalan A. Yani, Gedangan, Sidoarjo
Namun, ketika air itu berlimpah, maka seakan akan manusia merasa kesulitan dengan air. Dengan banyaknya air maka bisa menjadikan lingkungan menjadi banjir. Seperti yang terjadi dengan foto di atas. Banjir sangat menyusahkan dan membuat manusia menjadi merasa kesulitan. Semua hal akan terganggu.

Banjir Besar di Jl. A. Yani, Gedangan, Sidoarjo
Banjir yang terjadi sebenarnya bukan karena kesalahan air, atau hujan. karena sifat air memang mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat rendah. Hak air adalah mengalir ke bawah. Sebenarnya kesalahan banjir terletak pada manusia yang tidak bisa mengatur pola hidup dan lingkungannya.

Banjir memang isinya adalah air. Namun, dengan pengaturan yang benar maka banjir bisa dikendalikan. Dengan adanya pembangunan yang berlebihan, daya serap tanah terhadap air akan berkurang. Air tidak diserap tanah namun terbuang begitu saja ke laut. Pada gambar tersebut, jalan raya yang ada tidak disediakan tanah resapan yang cukup, di sebelah kanan dan kiri jalan raya sudah tertutup semua oleh bangunan, tanah yang sudah di semen, dan paving.

 


Banjir pada gambar tersebut terjadi setelah hujan deras, di kawasan jalan Ahmad Yani, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo pada bulan Juli 2016. Kemacetan  terjadi akibat kendaraan tidak berjalan dengan cepat. Seyogyanya, harus ada kerjasama antara masyarakat sekitar, pemerintah daerah dan pemangku kebijakan yang terkait, untuk membuat sumur resapan dan tanah resapan, atau cara cara yang lain,  agar banjir tidak terjadi lagi setelah hujan deras.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »