Alat Tulis yang Tidak Tergerus Oleh Zaman, Di Tengah Arus Teknologi Informasi.

Unknown 3:12:00 AM
Zaman Canggih, Alat Tulis tetap Eksis. - Menulis ataupun menggambar ternyata telah dikenal oleh manusia sejak zaman dahulu kala. Orang-orang kuno melakukan kegiatan menulis di tempat-tempat yang mudah didapatkan di masanya, seperti di bebatuan dan juga pada daun lontar maupun kulit kayu.

Spidol Sebagai Sarana Pembelajaran
 Hasil tulisan-tulisan tersebut bahkan masih dapat dilihat hingga sekarang. Beberapa hasil tulisan pada batu dan daun lontar, baik prasasti maupun naskah kuno kini semuanya tersimpan beberapa museum yang ada di Indonesia maupun mancanegara. Sekarang orang menulis sudah tidak lagi dengan batu ataupun daun lontar. Tahapan perkembangan dunia tulisan rupanya sudah berjalan begitu jauh.

Menulis dengan menggunakan media batu dan daun lontar dirasa agak menyulitkan, kemudian tahapan perkembangan pun beralih pada penulisan dengan menggunakan media kertas tebal (Dluwang). Dalam penulisan menggunakan media dluwang tersebut alat tulis yang digunakan adalah batu sabak, yang kemudian berkembang lagi menjadi pensil.

Tulisan yang dihasilkan dari batu sabak dan pensil memiliki ciri khas yaitu warna yang dihasilkan tidak terlalu kuat, kemudian juga hasil  tulisan dari kedua alat tersebut dapat dihapus dengan mudah.

Pulpen / Pena, Kebutuhan Primer dalam Belajar
Di zaman sekarang, orang lebih suka menulis dengan menggunakan alat tulis berupa bolpoin dan juga spidol. Dibandingkan dengan pensil maupun batu sabak, bolpoin dan spidol memiliki keunggulan pada kekuatan warna yang dihasilkan. Bahkan, hasil tulisan dari bulpoin bisa dikatakan permanen, tidak dapat dihapus. 

Menulis dengan menggunakan batu sabak kini sudah ditinggalkan sama sekali, hanya pensil saja yang sekarang masih digunakan, itu pun untuk keperluan tertentu. Berbeda dengan alat tulis di  era sebelumnya, bolpoin dan spidol masih bisa bertahan dan terus digunakan di era teknologi informasi seperti sekarang ini. jika kita lihat, banyak tulisan yang sekarang bisa dihasilkan dengan menggunakan alat canggih berupa gadjet dan juga laptop.

Namun rupanya kecanggihan di era ini masih belum bisa menggerus bolpoin dan spidol sebagai alat tulis yang penting. Di sekolah, kampus, maupun di kantor, bolpoin dan spidol masih berperan penting dalam kegiatan tulis-menulis. Tidak heran jika kedua alat tulis tersebut masih akan terus setia berada di tas maupun saku pemakainya, baik di waktu sekarang maupun yang akan datang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »