Mengapa Mayoritas Ornamen di Bali Berwarna Orange?

4:38:00 AM
Ornamen Bangunan di Bali
Mengapa Mayoritas Ornamen di Bali Berwarna Orange? -- Ada pengalaman menarik yang saya alami ketika saya pergi ke pulau bali, pulau yang terkenal se antero dunia itu. Memang tidak salah jika bali di sebut sebagai pulau dengan daya tarik wisata yang begitu luar biasa.

Dari hal seperti bangunan-bangunan serta ornamen yang terdapat di sana saja sudah membuat saya takjub. Saya tekankan lagi baru dari bangunan serta ornamennya saja, belum lagi wisata-wisata budaya yang lain-lainnya. 

Saya dibuat takjub karena sejauh mata memandang dari mulai awal saya mendarat hingga saya sampai pada tempat tujuan saya yaitu desa adat Penglipuran, semua tembok-tembok, pagar, bangunan, serta ornamen yang lain dibalut dengan warna oranye. Yang saya herankan kok bisa semua orang dapat bersatu padu dan kompak memakai warna oranye tersebut untuk bangunan mereka.

Sempat saya tanyakan kepada salah seorang yang berprofesi sebagai guru di sana mengenai warna oranye tersebut. kebetulan rumah dan lantai beliau juga berwarna oranye. Namun beliau hanya menjawab bahwa itu hanya sekedar selera saja.


Di sini saya justru semakin merasa penasaran, apakah mungkin dengan bangunan sebanyak itu, dengan warna yang semuanya oranye, hanya bertumpu pada alasan selera. Akhirnya saya menyimpulkan sendiri dengan apa yang saya rasakan selama di sana, bahwa kesamaan warna bangunan di bali adalah wujub dari persatuan dan kesatuan rasa cinta yang dimiliki.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »