Air Sebagai Urat Nadi Kehidupan

Unknown 4:59:00 AM
Air Sebagai Urat Nadi Kehidupan. -- Air yang melimpah dan cukup tentunya menjadi sebuah harapan bagi setiap masyarakat. Dengan air, maka roda aktifitas keseharian akan berjalan dengan baik. Air menjadi sesuatu yang vital dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari mencuci, mandi, minum, dan kegiatan lainnya.

Air Sebagai Urat Nadi Kehidupan
Terkadang ada daerah yang kekurangan air ketika musim kemarau. Di daerah tersebut untuk mendapatkan air, warga harus berjalan jauh ke tempat sumber air. Daerah ini kebanyakan berada di daerah perbukitan yang pengelolaan sumber daya alam nya kurang baik. Ataupun di daerah perkotaan yang pengelolaan ruang tata kota nya kurang diperhatikan.

Namun ada daerah yang berlebihan air, sehingga sering terjadi banjir. Ini juga karena tata kelola di daerah tersebut kurang baik, baik itu wilayah perkotaan maupun wilayah perdesaan. Ada baiknya pemimpin di daerah tersebut bisa mengelola daerah yang dipimpinnya dengan seksama. 

Air yang menjadi urat nadi kehidupan harus selalu dikelola dengan baik, sehingga kecukupan untuk mendapatkan air perlu terus menerus dijaga. Dengan demikian akan tercipta masyarakat yang sehat dan nyaman dalam menjalani aktifitasnya.


Pada gambar di atas, seseorang berada di bawah pintu air kecil yang berada di pegunungan. Walaupun air mengalir dengan deras, namun bisa diatur dengan pengelolaan pintu air, seakan akan seperti air terjun kecil yang indah. Gambar tersebut diambil di wilayah Jawa Timur, Tepatnya di daerah Mojokerto.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »