Tugu Pahlawan Juga Ingin Hidup dan Bisa Berbicara

Unknown 8:29:00 PM
Tugu Pahlawan Juga Ingin Hidup dan Bisa Berbicara - Sudah sekian lama bangsa ini merdeka, merdeka bukan dengan cara instan, juga merdeka bukan dengan cara hadiah ataupun pemberian karena belas kasihan. 

Baca Juga : Layang-layang, Budaya dan Tradisi dari Waktu ke Waktu

Namun, kemerdekaan yang diperoleh adalah sejati dengan kucuran darah para pahlawan. Hari pahlawan diperingati, namun dimana letak jiwa kita dalam peringatan tersebut? masihkah kita ingat siapa nama orang yang berjuang mempertahankan kota Bandung hingga tersebar slogan “Bandung lautan api” ? masihkah kita ingat siapa nama orang yang berjuang mengorbankan nyawanya pada 10 november 70an tahun yang lalu itu? Ataukah ada yang masih kita ingat? Apa? Siapa? tugu pahlawan memang telah berdiri kokoh hingga saat ini. 
Tugu Pahlawan Surabaya yang Membanggakan

namun, tugasnya hanyalah sebagai simbol, bahwa bangsa ini pernah berjuang, bahwa bangsa ini pernah mengorbankan putra-putri terbaiknya hanya untuk satu kata, Merdeka. Tugu pahlawan masih berdiri kokoh, tidak pernah meminta untuk dilihat ataupun hanya sekedar dikunjungi di kala liburan. 

Lebih dari itu, lebih dari sekedar nama yang disandangnya, Tugu pahlawan pasti memiliki sebuah harapan. Hanya saja Tugu Pahlawan tidak mampu mengingatkan dengan ucapan “bagaimana dulu pahlawanku berkorban ?”.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »